13 March 2020, 14:42 WIB

IHSG Kembali Alami Trading Halt 15 Menit Setelah Pembukaan


Despian Nurhidayat | Ekonomi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini (13/3) dibuka dengan penurunan yang cukup tajam dan kembali mengalami trading halt (pembekuan perdagangan).

Dengan bercokol di posisi 218 poin atau anjlok 4,53% ke level 4.673, IHSG pada pukul 09.15 WIB kembali menyentuh 245,1 poin atau turun 5,01% seperti penutupan kemarin. Indeks LQ45 melemah 50 poin atau turun 6,6% ke 718.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono menyebutkan bahwa perdagangan akan kembali dilanjutkan pada pukul 09:45 WIB tanpa ada perubahan jadwal perdagangan.

Riset Valbury Sekuritas memprediksi kepanikan pelaku pasar global masih berlanjut. Hal ini tercermin dari pelemahan indeks Dow Jones sejak kemarin (12/3) yang telah terkoreksi dalam.

"Sementara itu, kepanikan nampak akan kembali terjadi karena indeks Dow Jones tentatif melemah. Diperkirakan katalis negatif dari bursa AS ini dapat mengakibatkan tekanan kuat bagi IHSG pada hari ini," tulis riset Valbury Sekuritas dilansir dari laman resmi.

Lebih lanjut, Valbury Sekuritas juga menyebut sentimen pasar dari dalam negeri masih dihantui oleh wabah virus korona. Saat ini pemerintah pun tengah melakukan sejumlah kebijakan demi menjaga kestabilan perekonomian nasional. (E-3)

BERITA TERKAIT