13 March 2020, 14:30 WIB

Jemaah Umrah yang Masih di Arab Saudi akan Dipulangkan


Atalya Puspa | Humaniora

Kementerian Agama menyatakan akan memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang masih menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi hingga tiga hari ke depan. Hal itu dilakukan sesuai ketentuan Arab Saudi yang mengharuskan jamaah umrah untuk meninggalkan Arab Saudi hingga 15 Maret 2020.

"Untuk jemaah umrah hampir selesai pemulangan. Lalu, yang masih ada, mereka diberikan waktu sesuai dengan kebijakan Arab Saudi yang terbaru, yaitu 72 jam harus keluar dari Saudi," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali kepada Media Indonesia, Jumat (13/3).

Baca juga: Kini Arab Saudi Larang Warganya Umrah

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus, Kementrian Agama menyebutkan terdapat 500 WNI yang masih berada di Arab Saudi.

"Yang terjadwal di kami, jemaah pulang menggunakan Saudi Airlines. Itu kan dioperasikan Arab Saudi. Mereka pasti tanggung jawab. Kalau tanggal 15 gak ada penerbangan, pasti ada diupayakan tanggal 14 semua diangkut pulang," tambah Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Noer Alya Fitra.

Hingga saat ini, imbuh Noer, WNI yang berada di Arab Saudi dalam keadaan sehat dan terus berada di bawah pemantauan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. "Kondisi mereka baik dan KJRI Jeddah terus melakukan pemantauan terhadap kepulangan mereka," tandasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT