13 March 2020, 14:11 WIB

Pembenahan di Kementerian BUMN Pacu Peningkatan Layanan ke Publik


Mediaindonesia.com | Ekonomi

WAKIL Ketua DPR bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Korpolhukam) Aziz Syamsuddin mengapresiasi pembenahan yang dilakukan jajaran Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya dengan keberadaan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan di kementerian tersebut.

Carlos Brix Tewu ditunjuk sebagai Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN belum lama ini. "Kementerian BUMN membutuhkan seseorang profesional yang menguasai masalah,” kata Aziz dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Jumat (13/3).

Baca juga:Tingkatkan Koordinasi Kementerian

Sebagai informasi, Irjen Carlo Tewu merupakan lulusan Akpol 1985 dan memiliki pengalaman di bidang reserse. Carlo pernah memiliki prestasi gemilang pada 2001 lalu, ketika mengungkap kasus pembunuhan Hakim Agung Saifudin Syafiuddin Kartasasmita.

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, perlu dilakukan penguatan profesionalisme dan komitmen pelayanan publik para penjabat BUMN, terutama kesadaran akan aspek risiko dan hukum atas pengambilan keputusan strategis. Upaya-upaya pencegahan korupsi juga harus ditingkatkan.

“Kementerian BUMN perlu melakukan penguatan kapasitas terkait pemahaman konsekuensi hukum dan risiko atas proses pengambilan keputusan di BUMN, terutama pada level decision maker di setiap BUMN. Perlu adanya decision audit & justification,” tegasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga meminta publik terus mengawasi penyelesaian masalah hukum di BUMN dan juga mendukung kinerja Kementerian BUMN agar semakin baik ke depan. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT