13 March 2020, 13:01 WIB

Polres Temanggung Gelar Gerakan Cuci Tangan


Tosiani | Nusantara

JAJARAN Polres Temanggung, Jawa Tengah menggiatkan gerakan masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyebaran virus Covid-19. Caranya dengan memperagakan enam langkah gerakan cuci tangan berdasarkan standar WHO melalui senam cuci tangan.

Senam cuci tangan dipandu oleh sejumlah Polisi Wanita (Polwan) di halaman belakang Mapolres Temanggung, Jumat (13/3) pagi. Gerakan cuci tangan sembari menggoyang pinggul dan kaki, diiringi musik itu diikuti oleh semua anggota Polres dan Babinkamtibmas.

Gerakan senam itu menurut Wakapolres Temanggung, Komisaris Kelik Budiono direkam dalam video, untuk kemudian diunggah ke media sosial.
Dengan demikian diharapkan masyarakat akan melihat video tersebut dan tergerak untuk menjaga pola hidup bersih. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan.

"Enam gerakan cuci tangan ini bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Polres Temanggung mengantisipasi virus korona, untuk kita menjaga hidup sehat," kata Kelik.

Dijelaskan, untuk gerakan cuci tangan yang diperagakan menggunakan standar WHO, dengan enam langkah. Pertama menggosok sabun atau cairan pencuci tangan di telapak tangan dengan durasi waktu kurang lebih 10 detik. Langkah kedua beralih menggosok punggung tangan hingga sela jari-jari, bagian kanan dan kiri secara bergantian.

Langkah ketiga kembali ke telapak tangan dengan menggosok sela jari. Keempat jari jari ditangkupkan untuk memberi tekanan bagian dalam jari-jari. Bagian kelima mulai menggosok ibu jari. Terakhir, ujung jari digosokan ke telapak tangan secara bergantian selama minimal 10 detik.

"Ini tadi sudah diperagakan seluruh anggota Polres Temanggung bersama seluruh babinkamtibmas, agar setiap babin memviralkan dan mengajak masyarakat mempraktekan. Agar masyarakat tahu cara pencegahan lebih dini dan terhindari dari virus korona," tambah Kelik.

baca juga: BBKSDA Riau Musnahkan Kamp Pembalak Liar di Giam Siak Kecil

Langkah selanjutnya dalam gerakan masyarakat untuk hidup bersih guna mewaspadai korona, yakni dengan menyediakan cairan pencuci tangan di sejumlah titik pelayanan publik. Polres Temanggung juga telah membuat poster dan pamflet berisi sosialisasi pencegahan penyebaran virus covid-19,etika batuk dan bersin di muka publik. Semua poster itu akan dipasang di polsek-polsek.

"Kami juga akan menyebar pamflet ke masyarakat," pungkas Kelik. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT