13 March 2020, 12:47 WIB

Pasien Korona Kasus 01 dan 03 Dinyatakan Sembuh


Atalya Puspa | Humaniora

DUA pasien positif virus korona (COVID-19) yang menjalani perawatan di RSPI Sulianti Saroso, dinyatakan sembuh. Kedua pasien diizinkan pulang pada Jum'at (13/3) ini.

"Ya, ini ada berita bagus. Jadi pasien nomor 01 itu sudah negatif dua kali. Alhamdulillah fisiknya sangat baik. Kemudian, pasien nomor 03 juga negatif sudah dua kali. Insya Allah sore ini kita pulangkan," ujar Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, saat memberikan keterangan di Jakarta, Jumat (13/3).

Berdasarkan hasil pemeriksaan klinis, lanjut dia, kedua pasien dinyatakan sehat. Dari sisi psikologis, kedua pasien juga siap untuk pulang.

Baca juga: Pasien Korona Dianggap Sembuh Jika Lewati Sejumlah Tes Ini

"Klinis keduanya sudah bagus. Keadaan umumnya baik dan bisa kita nyatakan sembuh dalam pelayanan ini," ungkap Syahril.

Nantinya, pengawasan kedua pasien diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing. Agar virus korona tidak bereaksi lagi dalam tubuh pasien, Syahril menganjurkan pasien untuk menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari kerumunan.

"Diharapkan dia istirahat dulu, tetap pakai masker, menjaga kontak yang tidak perlu. Kalau itu dilakukan dua minggu sesuai anjuran WHO, Insya Allah tidak akan tertular. Tetapi penyakit seperti ini bisa saja terkena lagi kalau dia kontak lagi, atau ke tempat yang dianggap pandemi," jelasnya.

Per 11 Maret, pemerintah mencatat jumlah kasus positif korona di Indonesia mencapai 34 orang. Setiap pasien dilabeli dengan kasus nomor 01 hingga 34.(OL-11)

BERITA TERKAIT