13 March 2020, 07:30 WIB

Jennifer Akui Terima Mobil dan Kartu Kredit dari Wawan


van/medcom/P-5 | Politik dan Hukum

SETELAH tiga kali mangkir dari panggilan pengadilan, artis Jennifer Dunn akhirnya hadir sebagai saksi di sidang terdakwa Tubagus Chaeril Wardana alias Wawan. Dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, kemarin, Jennifer mengaku mengenal wawan dan terlibat dalam hubungan kerja pada 2013.

Jeniffer mengaku menerima barang pemberiam wawan berupa mobil Toyota Vellfire dan kartu kredit. Mobil tersebut dibeli pada 2013 dengan harga mencapai Rp910 juta.

"Pemberian mobil dan kartu kredit memang benar. Karena itu saya diminta kerja di tempat karaoke. Mas Wawan minta kerja sebagai PR," ungkapnya.

Jennifer menjelaskan pemberian mobil dan kartu kredit itu bagian dari fasilitas kerja yang disediakan Wawan. Pasalnya, dirinya bekerja hingga malam, sehingga membutuhkan fasilitas mobil.

Selain itu, Jennifer mengaku menggunakan kartu kredit untuk membeli kosmetik dan menonton konser senilai Rp20 juta. Dia juga ikut berlibur ke Bali bersama Wawan dan teman-temannya. "Jadi dari Jakarta sudah direncakan ramai-ramai, dikasi tiket gratis Pak Wawan," kata dia.

Sementara itu, dari kubu Wawan meminta jaksa berhenti menghadirkan saksi dari kalangan artis. Permintaan itu disebut demi kondisi psikologis keluarga Wawan.

Namun, jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) menegaskan tidak ada kesengajaan untuk mendatangkan artis ke pengadilan. "Kami memanggil para saksi itu tidak melihat dia publik figur atau bukan," kata JPU KPK Roy Riady.

Dalam pemanggilan saksi, jaksa selalu melihat dari sisi pemberian aset dari terdakwa. Jika hal itu disebut dalam berita acara pemeriksaan (BAP) saat diperiksa penyidik KPK, keterangan saksi perlu dimintai konfirmasi.

"Pada prinsipnya kalau itu memang sudah bentuk pengakuan dari pihak terdakwa mengakui bahwasanya itu memang aset pemberian dari dia dan dari hasil tindak pidana, ya kalau memang persetujuan dari Yang Mulia (hakim) kita bacakan saja BAP-nya," ujar Roy.

Dalam kasus ini, sedikitnya ada lima artis yang diduga menerima hadiah. Mereka yakni, Jennifer Dunn, Cathe-rine Wilson, Rebecca Soejati Reijman, Aimah Mawaddah Warahmah alias Aima Diaz, dan Reny Yuliana.

Wawan didakwa mengatur pengadaan alat kedokteran rumah sakit rujukan pada Dinas Kesehatan Banten melalui APBD dan APBN-Perubahan tahun anggaran (TA) 2012. Dia juga mencari untung dalam pengadaan alat kesehatan kedokteran umum di Puskesmas Kota Tangerang Selatan pada APBD-P TA 2012.

Dua kasus tersebut diduga membuat negara rugi Rp94,3 miliar. Suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu juga didakwa melakukan TPPU lebih dari Rp500 miliar. (van/medcom/P-5)

BERITA TERKAIT