13 March 2020, 07:13 WIB

Tim McLaren Terpapar Korona, Formula 1 Australia Dibatalkan


Siswantini Suryandari | Olahraga

GRAND Prix Formula 1 Australia dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), dibatalkan setelah ada konfirmasi seorang anggota tim balap McLaren dinyatakan positif COVID-19. Tim McLaren dalam keterangan resmi telah menarik diri dari GP Formula 1 Australia dan FIA.

Kejadian itu membuat Australian Grand Prix Corporation (AGPC) mengambil langkah cepat setelah sebelumnya dilakukan diskusi pada Kamis (12/3) malam. Dari hasil pandangan mayoritas tim, bahwa perlombaan tidak boleh dilanjutkan.

AGPC telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Grand Prix Formula 1 Australia dibatalkan.

"Semua pihak mempertimbangkan upaya besar dari AGPC, Motorsport Australia, staf dan sukarelawan untuk menggelar putaran pembukaan Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA 2020 di Melbourne. Namun dari hasil diskusi  menyimpulkan bahwa keselamatan semua anggota keluarga Formula 1 dan komunitas yang lebih luas, serta keadilan kompetisi menjadi prioritas."

baca juga: Korona Menyebar, Hemilton Khawatir Seri Balap F1 Australia

Ribuan penggemar balap motor di Australia sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Panitia mengumumkan semua pemegang tiket akan menerima pengembalian uang penuh. Grand Prix China, yang dijadwalkan untuk April, telah ditunda. Sementara balapan Bahrain pada 22 Maret akan berlangsung tanpa penonton. (eurosport/OL-3)

 

BERITA TERKAIT