12 March 2020, 22:16 WIB

Rudy Hartono Soroti Mentalitas Pemain


Akmal Fauzi | Olahraga

LEGENDA bulu tangkis asal Indonesia, Rudy Hartono menyoroti hasil buruk sektor tunggal putra Indonesia di All England 2020. Menurutnya, harus ada perbaikan mental pemain untuk berlaga di kejuaraan bergengsi seperti All England.

“Sekarang saya mau tanya kepada pemain Indonesia, khususnya tunggal putra. All England ini kejuaraan biasa atau bagaimana. Kok seperti asal-asalan mainnya. Seharusnya kejuaraan terpenting ini lebih serius, kata Rudy saat dihubungi, Kamis (12/3).

Indonesia dipastikan kehilangan wakil di sektor tunggal putra di All England 2020 setelah Shesar Hiren Vito kandas dari wakil Denmark Rasmus Gemke 21-18, 13-21 dan 19-21.

 

Baca juga: Indonesia Kehilangan Wakil di Sektor Tunggal Putra

 

Sebelumnya, Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Tommy Sugiarto kalah di babak pertama kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu.

Rudy mengatakan, capaian minimal yang harus diraih tunggal putra Indonesia adalah semifinal atau final. Dia mempertanyakan mental pemain yang kerap bermasalah khususnya di kejuaraan bergengsi.

“Tugas pelatih, harus meningkatkan psikologi mereka. Pemain juga sama. Artinya mental pemain Indonesia belum siap di kejuaraan besar,” kata legenda yang sudah delapan kali memenangi gelar All England itu.

Seharusnya, kata dia, persiapannya harus maksimal baik fisik maupun mental. “Sekali lagi saran saya, evaluasi dan perbaiki. Kalah akan jadi motivasi. Jangan kalah, sudah saja kalah, tapi tidak mau memperbaiki. Pemain juga harus disiplin dan berusaha,” tegasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT