13 March 2020, 05:00 WIB

BJB Targetkan Tambah 1 Juta Transaksi Nontunai


(BY/E-3 | Ekonomi

BANK BJB menargetkan penambahan 1 juta transaksi nontunai melalui QRIS (quick response code Indonesian standard). Teknologi itu diyakini akan memudahkan nasabah dan meminimalkan risiko pada transaksi tunai. Hal itu disampaikan Direktur IT, Treasury, dan International Banking Bank BJB, Rio Lanasier, pada acara sosialisasi Pekan QRIS Nasional yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat di Kantor Pusat Bank BJB, Bandung, kemarin.

Rio menyebutkan, di 2009 terdapat 6,2 juta transaksi nontunai nasabah Bank BJB. Dengan hadirnya QRIS yang merupakan fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel, dia berharap tahun ini ada 7,2 juta transaksi cashless tersebut. "Kami berharap lebih maksimal lagi penetrasi ke masyarakat untuk finansial inklusif."

Pihaknya juga menyasar pelaku UMKM dan ritel terkait penggunaan aplikasi ini.

Rio menambahkan, transaksi lewat QRIS sangat mudah, yakni hanya dengan mengunduh melalui aplikasi yang telah terstandardisasi. Terlebih, imbuhnya, Bank BJB sudah mengadopsi layanan QRIS yang hingga kini terus dikembangkan agar lebih optimal. (BY/E-3)

BERITA TERKAIT