12 March 2020, 20:59 WIB

Pasien Korona Dianggap Sembuh Jika Lewati Sejumlah Tes Ini


zaenal arifin | Humaniora

RUMAH Sakit Umum Pusat Persahabatan, sudah memulangkan tiga pasien yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19). Hal ini berdasarkan dari hasil pengecekan laboratorium litbangkes.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Elina Burhan, mengatakan terdapat kriteria pasti yang dapat menyatakan pasien itu sembuh, yakni berdasarkan pengecekan spesimen di laboratorium.

"Kriteria sembuh itu kalau hasil PCR-nya (Polymerase Chain Reaction/Reaksi Berantai Plimerase) menunjukan negatif dua kali berturut-turut dalam selang waktu dua hari," kata Elina di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, hari ini.

Dijelaskan Elina, kalau uji laboratorium seorang pasien Covid-19 menyatakan hari ini negatif, kemudian dua hari lagi juga hasilnya negatif. Maka pasien tersebut bisa dinyatakan sembuh.

"Tapi kalau sekarang negatif dua hari lagi positif itu belum (sembuh), kita tunggu lagi dua hari negatif belum sembuh juga, kita perlu dua hari berturut-turut (hasilnya) negatif. Ini definisi sembuh," jelasnya.

Sebelumnya, Juru bicara (Jubir) pemerintah khusus virus korona, Achmad Yurianto mengatakan tiga pasien virus korona (Covid-19), yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, dinyatakan sembuh.

"Setelah kita lakukan pengecekan oleh tim medis yang memeriksa dan disaksikan oleh Pak Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto), maka ada tiga pasien secara klinis sudah membaik," kata Yurianto di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, hari ini.

Hasil dari kesembuhan pasien 06, 14 dan 19, didapat berdasarkan dua kali hasil laboratorium litbangkes yang hasilnya negatif korona. Dengan demikian, ketiga pasien tersebut boleh kembali ke rumah masing-masing.(OL-4)

BERITA TERKAIT