12 March 2020, 20:56 WIB

Tensi Jelang Pilkada di Banggai Kian Sengit


Cahya Mulyana | Nusantara

SURVEI Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) mencatat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Sulawesi tengah, Amiruddin Tamoreka-Furqanuddin Masulili yang diusung NasDem, PKB, dan PAN, masuk dalam top of mind masyarakat Banggai.

Dari kategori top of mind, Amir Tamoreka tepat berada di bawah calon petahana Herwin Yatim. Herwin Yatim tercatat meraup 31,4 persen, Amiruddin Tamoreka 18,3 persen, dan Mustar Labolo 9,8 persen.

Peneliti LSPI Rachmayanti Kusumaningtyas mengatakan, jika melihat presentase hasil survei elektabilitas Top of Mind tersebut, diprediksi Pilkada Banggai 2020 bakal menjadi pertarungan sengit antara Amiruddin Tamoreka dan petahana Herwin Yatim.

"Sangat sulit untuk Pilkada Banggai dengan pertarungan tiga kandidat, karena elektabilitas petahana dengan penantang tidak terlalu jauh. Belum lagi dengan sejumlah nama kandidat yang prosentasenya di bawah 10 persen, dan undecided voter 19,6 persen," kata Rachma dalam keterangan resmi, Kamis (12/3).

Peluang Amiruddin, imbuh Rachma, sangat terbuka untuk menang jika terjadi head to head. Menurutnya, politik hari ini untuk para penantang dengan elektabilitas yang bagus akan mempunyai nilai tawar yang kuat.

Baca juga : PB PMII Doakan Cak Machfud Jadi Wali Kota Surabaya

"Meski Pilkada masih beberapa bulan lagi, semua kondisi masih dinamis. Namun jika tren penantang semakin menanjak, maka petahana akan terancam dan harus bersiap-siap melakukan langkah dan strategi khusus," tambah dia.

Jika melihat peta politik saat ini di Kabupaten Banggai, posisi petahana kian terancam dengan hadirnya Amir-Furqan sebagai penantang. Beberapa waktu lalu, pasangan itu mendapatkan dukungan dari anggota DPC Partai Perindo Kecamatan Toili dan Perindo Kecamatan Batui.

Mantan Wakil Bupati Basri Sono yang juga pendiri Unismuh Luwuk juga memberikan nasihat, petuah, serta saran kepada Amir Tamoreka jika nanti terpilih sebagai Bupati Kabupaten Banggai.

Dukungan itu pun jadi modal tambahan bagi pria yang juga Mustassar Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Banggai. (OL-7)

BERITA TERKAIT