12 March 2020, 15:00 WIB

Kembali Catatkan Laba, WOM Finance Bagikan Dividen Rp78 Miliar


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

EKONOMI global yang melambat pada 2019 membuat sektor otomotif nasional ikut tertekan. Namun, hal serupa justru dialami perusahaan pembiaayaan.

Hal itu setidaknya terlihat dari performa PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) yang kembali mencatatkan keuntungan pada 2019. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa, disebutkan laba perusahaan mencapati Rp260 miliar.

Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja mengatakan, pencapaian itu meningkat 21% dibanding tahum sebelumnya. Dengan laba itu, RUPST dan RPUSLB WOM Finance pun menyetujui pembagian dividen 30% dari laba atau maksimal Rp78 miliar dengan pembagian Rp22,4 per lembar saham.

“Pertumbuhan laba pada 2019 didukung oleh perbaikan atas kualitas portfolio, pertumbuhan pendapatan dan disiplin dalam pengelolaan biaya operasional," kata Zacharia dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Virus Korona Dinyatakan Pandemi, IHSG Ambles Sampai 4%

WOM Finance berhasil meningkatkan Total Pendapatan 1,05% menjadi sebesar Rp2,64 triliun pada 2019.

Total Penyaluran Pembiayaan pada 2019 mencapai 355 ribu unit, yang didominasi oleh produk multiguna jasa MotorKu dan MobilKu sebanyak 196 ribu unit dan pembiayaan sepeda motor baru dan sepeda motor bekas sebanyak 159 unit.

Sementara itu, Rasio Keuangan WOM Finance sampai dengan akhir 2019 masih berada pada level yang aman, antara lain Return On Asset (ROA) sebesar 4,4%, Return on Equity (ROE) sebesar 21,1% dan Gearing Ratio terjaga pada 4,2 kali.

"Kedepannya, Kami akan terus melakukan inovasi untuk dapat menyesuaikan kondisi pasar saat ini dan fokus pada perbaikan sisi internal dan infrastruktur yang sedang kami kembangkan agar ke depan WOM Finance akan terus mempertahankan kinerja positif,” tutup pria yang karab disapa Djaja itu. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT