12 March 2020, 19:30 WIB

Pemprov DKI: Situs corona.jakarta.go.id Diserang Ddos


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

LAMAN resmi informasi mengenai virus korona yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta diserang oleh peretas atau hacker.

Hal tersebut diketahui dari cuitan di akun Twitter terverifikasi milik Pemprov DKI @DKIJakarta sore ini. Laman yang beralamat di corona.jakarta.go.id itu tidak bisa diakses sejak Kamis (12/3) sore.

"Mohon maaf, situs corona.jakarta.go.id sedang sulit diakses karena mendapat serangan DDoS (distributed denial-of-service). Saat ini sedang ditangani tim Kominfotik DKI," kata akun tersebut pada Kamis (12/3).

Meski situs resmi korona milik Pemprov DKI diretas, nomor call center korona DKI di 112 atau pesan WhatsApp resmk di 081388376955 masih bisa diakses.

Baca juga: Rute KRL Bogor-Depok-Jakarta Masuk Risiko Tinggi Sebaran Covid-19

Situs resmi info korona tersebut diketahui baru beroperasi pada Jumat (6/3).

Baca juga: Pemprov DKI Cegah Korona Menulari di Permukiman Padat

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Atikah Nur Rahmania menyebut sulitnya akses situs info korona DKI disebabkan banyaknya pihak yang mengakses situs itu dalam saat yang bersamaan.

"Situs informasi corona.jakarta.go.id untuk beberapa saat tidak dapat di akses untuk sementara waktu dikarenakan ada gangguan DDos yakni adanya traffic yang membanjiri lalu lintas jaringan internet yang mengarah ke website, yang terjadi sejak pukul 17.00 WIB," kata Atikah, Kamis (12/3).

Baca juga: Betulkah Pemprov DKI akan Tutup Aktivitas Publik

Saat ini Diskominfotik DKI sedang dilakukan penanganan agar masyarakat segera dapat mengakses informasi pada microsite tersebut.

"Untuk mengatasi ancaman ke depan saat ini juga sedang dilakukan monitoring, analisis, antisipasi dan pengendalian," tegasnya. (X-15)

BERITA TERKAIT