12 March 2020, 19:20 WIB

Pastikan Kesiapsiagaan Hadapi Korona, Gubernur Pantau Bandara


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan memantau pemeriksaan suhu tubuh penumpang di terminal kedatangan Bandara Depati Amir (DA) Pangkalpinang pada Kamis (12/3). Kegiatan tersebut untuk memastikan kesiapsiagaan pihaknya dalam menghadapi virus korona.

Erzaldi mengatakan pemeriksaan suhu tubuh penumpang dengan thermal scanner ini merupakan deteksi dini untuk mengantisipasi virus korona (COVID-19) agar tidak masuk ke Babel.

"Pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner ini bukan hanya di Bandara Depati Pangkalpinang saja, tetapi juga di Bandara HAS Hanadjoedin Belitung. Kita ingin daerah kita aman dari virus korona," kata Erzaldi di bandara DA Pangkalpinang, Kamis (12/3).

Baca juga: Antisipasi Virus Korona, Bandara Depati Amir Pasang Thermoscan

Selain melakukan deteksi dini dengan thermal scanner, Erzaldi juga meminta masyarakat untuk hidup sehat dengan selalu mencuci tangan, berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

"Kita harus terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap hidup sehat agar dapat terhindar dari virus korona," lanjutnya.

Oleh karena itu, dia sudah meminta kantor-kantor OPD di Babel untuk menyiapkan alat pengukur suhu tubuh hand scanner. "Insya Allah Pemprov juga akan sediakan hand scanner alat pengukur suhu tubuh agar bisa mengantisipasi virus korona bagi tamu dan ASN di lingkungan Provinsi Babel," ujarnya.

Mewabahnya virus korona ini diakui Erzaldi memang berdampak terhadap pariwisata Babel, khususnya di pulau Belitung. Tetap itu tidak perlu dicemaskan. "Namun, intinya tidak usah panik hadapi korona ini, karena memang banyak sekali dampaknya termasuk pada pariwisata. Dan ini bukan hanya di kita saja, tapi sedunia," imbuhnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT