12 March 2020, 18:29 WIB

Hadapi Korona, Pelaku Usaha dan BUMN Buka Paket Destinasi Lokal


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

MEREBAKNYA virus korona (Covid-19) di dunia juga berdampak pada perekonomian dan sepinya pariwisata di dalam negeri. Untuk melawan tersebut sejumlah perusahaan plat merah dan para pelaku usaha bersama melawan virus mematikan tersebut.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri PT Garuda Indonesia (persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) serta pelaku usaha yakni Plataran, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia menciptakan kerja sama yang diberi nama Indonesia Destinasiku.

Kerja sama tersebut fokus pada pemasaran destinasi tertentu terhadap ekosistem Indonesia. Sinergi ini diharapkan menjadi pemicu terhadap pelaku industri lainnya menghadapi Covid-19 secara optimistis dan positif.

"Ini adalah program booking destinasi wisata dalam negeri. Saat ini dilaunching sampai 30 juni 2020 tetapi uniknya bisa berlaku sampai Februari 2021," kata Founder and CEO Plataran Indonesia, Yozua Makes saat acara Indonesia Destinasiku, di Hutan Kota by Plataran kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

Baca jugaGaruda Indonesia Jamin Pesawatnya Steril

Indonesia Destinasiku menyediakan paket liburan yang menitikberatkan keunggulan produk lokal dalam menghadapi efek negatif covid-19.

Adapun keunggulan yaitu paket liburan ini ialah menggabungkan aspek, penerbangan, akomodasi, dan aktivitas ekosistem Indonesia dalam satu paket. Adanya paket tersebut diharapkan tidak mematikan kunjungan destinasi lokal meski adanya virus korona.

"Kita beranggapan mudah-mudahan virus korona ini dengan adanya kerja sama kita semua bisa berlalu dengan cepat badainya. Jadi added value dari projek ini sangat luar biasa. Karena orientasinya sampai Februari 2021," ujar Yozua.

Dirinya berharap industri lain bersama-sama bekerja sama terus mempromosikan Indonesia . Kalau itu dilakukan maka diharapkan efek negatif dari virus korona bisa ditanggulangi.

Program tersebut juga sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah terutama koordinasi yang dilakukan oleh Angkasa Pura

"Pada waktu masyarakat masuk kan kebanyakan melalui pesawat. Kita sudah melajukan koordinasi dan pemda juga sangat baik atas hal ini. Karena ini semua tentang kepercayaan dan persiapan. Pariwisata sangat bergantung sekali dengan kepercayaan," ungkapnya.

Melalui program kolaborasi ini, Garuda Indonesia memberikan potongan harga hingga 40% untuk rute-rute penerbangan favorit, seperti Jakarta-Yogyakata, Denpasar, Labuan Bajo, dan lainnya dan semuanya sudah tiket pulang dan pergi.

Potongan harga tersebut dapat diakses dengan pembelian paket melalui Plataran atau Garuda Indonesia Holiday periode 12 Maret-30 Juni 2020 hingga 28 Februari 2021. (A-2)

BERITA TERKAIT