12 March 2020, 16:32 WIB

Ini Mekanisme Pemulangan Pasien Setelah Sembuh COVID-19


Tri Subarkah | Megapolitan

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta segera memberikan izin pulang tiga pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Hal itu merujuk dari hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan sebanyak dua kali dengan hasil negatif.

"Secara klinis sudah membaik. Tidak ada keluhan sama sekali. Secara laboratorium dua kali kita melakukan pemeriksaan, hasilnya negatif. Maka diputuskan bahwa mereka sembuh dan tidak membutuhkan perawatan," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yuri di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3).

Ketiga pasien yang dinyatakan sembuh tersebut adalah kasus 06, 14, dan 19. Kasus 06 merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess. Sementara kasus 14 dan 19 tertular setelah melakukan perjalanan dari luar negeri (imported case).

Baca juga: Pasien Sembuh Covid-19 di RS Persahabatan Bertambah

Dalam pemulangan ketiganya, lanjut Yuri, ada mekanisme yang diterapkan guna memonitoring mereka. Pasien yang sudah sembuh nantinya akan melakukan kontrol di puskesmas sesuai domisili masing-masing.

"Di dalam mekanisme izin pulang tetap ada administrasi yang kita lakukan. Dia akan dibekali surat rujuk balik yang ditujukan kepada puskesmas di mana dia bertempat tinggal," terang Yuri.

Surat tersebut sebagai bagian dari sistem monitoring, lanjutnya, apabila nanti dibutuhkan oleh pasien ini. "Dan apabila kemudian ada kepentingan puskesmas untuk melakukannya," sambung Yuri.

Selain itu, mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 juga akan diberikan edukasi dalam rangka menjalankan aktivitasnya di rumah. Misalnya, kata Yuri, mereka harus membatasi aktivitas untuk sementara waktu. Selain itu, ia juga mengimbau para pasien yang sembuh untuk melakukan kegiatan fisik yang seimbang.

"Asupan gizi yang baik dan kemudian meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ini yang kita minta untuk dilakukan," tandas Yuri. (OL-14)

BERITA TERKAIT