12 March 2020, 16:18 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 di RS Persahabatan Bertambah


Tri Subarkah | Humaniora

JUMLAH pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta, bertambah satu. Ini menambah daftar pasien sembuh yang sebelumnya diumumkan dua, yakni pasien kasus 06 dan 14.

"Sudah saya cek kondisinya, ada tiga yang kita nyatakan sembuh baik dari sisi laboratoroum maupun dari sisi klinis," ungkap Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona, Achmad Yuri menambahkan bahwa satu pasien lain yang dinyatakan sembuh adalah kasus 19.

"Pasien yang sudah kita nyatakan sembuh, tiga orang tersebut, adalah pasien dengan identitas nomor 06, laki-laki, 39 tahun, yang kedua pasien dengan identitas nomor 14, laki-laki, usia 50 tahun, kemudian yang ketiga dengan identitas nomor 19, laki-laki dengan usia 49 tahun," papar Yuri.

Diketahui, kasus 06 merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess. Sementara kasus 14 dan 19 tertular setelah melakukan perjalanan dari luar negeri (imported case).

"Kami yakin dalam waktu tidak terlalu lama lagi, pasien akan membaik dan sembuh seperti tiga lagi," tandas Yuri.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun ketiganya akan mendapatkan edukasi untuk menjalani rutinitasnya selepas diisolasi. Yuri menyebut ketiga pasien sembuh harus membatasi aktvitias untuk sementara waktu. (OL-2)

BERITA TERKAIT