12 March 2020, 15:50 WIB

Polri/TNI Tanam 60 Ribu Rumput Vetiver di Tanggul Sungai Porong


Heri Susetyo | Nusantara

Polri dan TNI bersama Forkopimda Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan penanaman 60 ribu rumput vetiver (akar wangi) di tanggul Sungai Porong Sidoarjo pada Kamis (12/3).

Selain mencegah terjadinya longsor, rumpur vetiver bisa menghasilkan minyak atsiri untuk bahan wewangian.

Penanaman rumput vetiver tersebut dilakukan di tanggul Sungai Porong Desa Pejarakan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Penanaman pohon dihadiri Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Agus Andrianto. Kegiatan penanaman rumput vetiver ini adalah rangkaian Rakernis Baharkam sebagai kepedulian Polri terhadap pelestarian lingkungan.

Baca juga: Cegah Longsor, Tanggul Sungai Gamping Ditanami Rumput Vetiver

Dipilih rumput vetiver karena rumput ini mampu mencegah longsor saat curah hujan tinggi. Rumput vetiver diketahui mampu mengikat tanah dan setiap penanaman satu rumput bisa tumbuh hingga 120 tunas baru.

"Apabila dirawat dengan baik, rumput vetiver bisa dipanen empat hingga lima bulan ke depan," kata Komjen Agus Andrianto.

Rumput hasil panen bisa digunakan untuk minyak wangi. Pasalnya akar rumput dari India ini diketahui menghasilkan minyak atsiri untuk bahan wewangian.

Kegiatan tanam rumput vetiver ini juga sinergitas Polri dengan TNI, Pemkab Sidoarjo, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, pramuka dan pelajar. (Ol-14)

 

BERITA TERKAIT