12 March 2020, 15:37 WIB

Kemensos Pastikan Penanganan Terhadap Tersangka NF Prosedural


Sri Utami | Politik dan Hukum

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) lakukan pendampingan dan memastikan proses yang diberikan kepada NF,15, tersangka pembunuh balita, sudah sesuai dengan aturan perlindungan anak.

"Kami ingin memastikan bahwa ada proses yang sudah benar dilakukan oleh pihak yang menangani, sudah tentu pihak kepolisian sudah melakukan upaya pemeriksaan kondisi sosial psikologis,'' ujar Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, Kamis (12/3).

Yang terpenting, tambah Harry, mempersiapkan mental anak itu agar tidak dalam keadaan takut dan tertekan.

''Jadi kami yakin sebetulnya anak ini bisa mengikuti proses hukum sebaik baiknya," paparnya.

Sejak awal setelah kejadian, Kemensos telah memberikam pendampingan dari Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani. Pendampingan tersebut juga diberikan kepada keluarga NF.

"Pendampingan secara intensif juga diberikan kepada keluarga pelaku agar jangan sampai terjadi konflik antara dua keluarga dan masyarakat juga dikondusikan sedemikian rupa," jelasnya.

Kemensos sambungnya juga telah menyiapkan berbagai hal bahkan sampai ada keputusan peradilan.

"Termasuk selama proses peradilan, apabila diperlukan ada rumah aman, kami kondisikan sedemikian rupa. Sehingga mereka lebih kuat, lebih sehat dan bisa menjelaskan fakta apa adanya," ungkapnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT