12 March 2020, 15:19 WIB

Korona Menyebar, Hemilton Khawatir Seri Balap F1 Australia


Akmal Fauzi | Olahraga

JUARA dunia Formula 1 (F1) Lewis Hamilton mengaku terkejut lantaran Grand Prix Australia tetap digelar ketika ada staf dari tim Haas diisolasi lantaran virus korona.

Seri pembuka F1 di Melbourne berjalan sesuai rencana akhir pekan ini meskipun ada kekhawatiran tentang penyebaran virus korona.

"Saya benar-benar sangat terkejut bahwa kita ada di sini. Tampaknya seluruh dunia sudah bereaksi sedikit terlambat, tetapi anda telah melihat pagi ini dengan (Presiden) Trump menutup perbatasan ke Eropa ke Amerika Serikat, NBA ditangguhkan, namun Formula Satu terus berlanjut," kata Hemilton yang berusaha menyamai rekor tujuh gelar juara dunia Michael Schumacher musim ini.

Sementara, juara dunia empat kali Sebastian Vettel mengatakan sulit menilai apa yang harus dilakukan ketika virus korona terus menyebar.

"Jelas kita harus mempercayai FIA (Federasi Otomotif Internasional) untuk mengambil tindakan pencegahan sebanyak yang mereka bisa, tetapi saya pikir jawaban yang tidak dapat diberikan kepada anda saat ini adalah seberapa banyak anda dapat mengontrol apa yang sedang terjadi," katanya.

Lima anggota tim F1, yang terdiri dari empat dari Haas dan satu dari McLaren sekarang diisolasi menunggu hasil tes setelah menunjukkan gejala mirip korona.

Kepala tim Haas Guenther Steiner mengatakan mereka belum mendiskusikan apa yang harus dilakukan jika tes menunjukan hasil positif korona. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT