12 March 2020, 14:38 WIB

Pulang dari RSUP, Dua Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri


Tri Subarkah | Humaniora

PASIEN Covid-19 kasus nomor 06 dan 14 yang dirawat di RSUP Persahabatan telah dinyatakan sembuh. Rencananya, mereka akan dipulangkan hari ini.

"Nomor 6 dan 14 ini hasilnya sudah keluar. Hasilnya yang tadinya positif saat ini menjadi negatif, sehingga pasien ini sudah boleh dikeluarkan dari ruang isolasi," kata Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah, Kamis (12/3).

Sebelum dipulangkan, keduanya mendapatkan edukasi untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu, kedua orang tersebut juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Bepergian dilarang dulu. Istirahat dulu di rumah," kata dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan.

Menurut Erlina, istirahat paling lama mungkin 14 hari. Istirahat di rumah dan jaga kesehatan. Walaupun sebenarnya ini pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Cuci tangan, kemudian juga alat alat di sekitar nya dibersihkan.

Di samping itu, Erlin juga tidak menganjurkan agar kedua orang yang sudah dinyatakan negatif menerima kunjungan banyak tamu setelah sampai di rumah.

Selain menjaga agar kesehatan keduanya menguat, isolasi mandiri juga dapat dimanfaatkn oleh keduanya untuk mempersiapkan kondis mental.

"Anda mungkin bisa bayangkan orang diisolasi, di dalam suatu ruangan, tidak bertemu keluarga, dia hanya bertemu dengan orang-orang berpakaian astronot (perawat--red) yang minim bicara," ujar Erlina.

Oleh sebab itu, lanjut Erlina, ia berharap agar masyarakat memberikan dukungan kepada pasien yang sudah sembuh dan tidak memberikan stigma denga mengucilkan. (OL-2)

BERITA TERKAIT