12 March 2020, 13:30 WIB

Satu WNI Lagi di Singapura Positif Virus Korona


Nur Aivanni | Internasional

Kementerian Kesehatan Singapura pada Rabu (11/3) mengumumkan kasus positif COVID-19 ke-170 di Singapura, yaitu seorang Warga Negara Indonesia (WNI) perempuan yang berusia 56 tahun. KBRI di Singapura menginformasikan WNI tersebut tiba di Singapura pada 9 Maret 2020 dan langsung diantarkan ke Singapore General Hospital (SGH) di hari yang sama.

"Hasil tes yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19 pada sore hari tanggal 10 Maret. WNI tersebut merasakan timbulnya gejala COVID-19 sejak 6 Maret saat berada di Indonesia," bunyi pernyataan resmi KBRI Singapura yang diterima Media Indonesia, Kamis (12/3).

Baca juga: Menyikapi Memburuknya Penyebaran Korona di Singapura

WNI tersebut merupakan anggota keluarga dari WNI kasus ke-152 yang sebelumnya juga dinyatakan positif COVID-19.

Dengan demikian, total ada lima WNI telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura. Dari 4 WNI yang masih dirawat, kondisi 3 WNI dinyatakan stabil, sementara 1 WNI berada di ICU.

KBRI akan terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan WNI tersebut.

Berdasarkan ketentuan pemerintah Singapura, terhitung sejak 7 Maret, seluruh pendatang yang mengunjungi Singapura dengan short-term visit pass (visa turis/kunjungan 30 hari) yang menjalani pengobatan COVID-19 di Singapura diharuskan membayar biaya pengobatan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Singapura akan terus melakukan tes COVID-19 secara gratis kepada semua pihak sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di Singapura.

KBRI Singapura kembali mengingatkan kepada seluruh WNI yang berada di Singapura dan WNI yang berencana untuk berkunjung ke Singapura bahwa status DORSCON Oranye masih berlaku di Singapura untuk mengatasi COVID-19. Oleh karena itu, kewaspadaan yang tinggi masih tetap diperlukan, khususnya apabila menghadiri kegiatan yang melibatkan banyak peserta dan berkunjung ke tempat umum. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT