12 March 2020, 13:10 WIB

Kurangi Kontak Fisik Saat Ibadah


Ihfa Firdausya | Humaniora

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengimbau jemaat untuk tidak panik sehubungan merebaknya virus korona. Namun, kewaspadaan tetap harus dijaga saat berada di tempat ramai, termasuk ketika beribadah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris PGI Gomar Gultom melalui pesan singkat kepada Media Indonesia, Kamis (12/3). Gomar mengimbau agar kehadiran saat ibadah mempertimbangkan pengurangan kontak fisik.

"Misalnya untuk bersalaman bisa dengan ragam alternatif seperti menundukkan kepala, melambaikan tangan, senyum, atau amaste," ungkapnya.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, multivitamin, jamu serta rajin berolahraga. Tak lupa, imbuhnya, lebih sering mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer berbasis alkohol.

"Kalau batuk atau bersin, sebaiknya menutupinya dengan siku lengan atau tisu dan segera membuang tisunya. Jika batuk atau flu, disarankan menggunakan masker dan segera periksa ke dokter," pungkas Gomar.

Baca juga:

Sejumlah otoritas keagamaan telah memberi imbauan terkait pencegahan penyebaran virus korona.

Tak hanya PGI yang memberikan imbauan terkait COVID-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang, antara lain tabligh akbar.

"Sebaiknya, kita mengurangi kegiatan seperti itu karena event terbuka bisa saja terpapar virus. Tapi kita juga tidak boleh takut, seakan-akan semua (kegiatan) kita hentikan," kata Wakil Ketua Umum MUI, Muhyiddin Junaidi, dalam konferensi pers di Jakarta, pekan lalu.

Sementara Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia telah mengimbau seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting untuk melakukan langkah Sanitasi Siaga bersama DKM dan Takmir Masjid/Musala.

Melalui surat tertanggal 2 Maret 2020 para jemaah salat juga diimbau agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

 

BERITA TERKAIT