12 March 2020, 12:54 WIB

Kejari Kembalikan Uang Sitaan Korupsi Tebu ke Kas Negara


Mohammad Ghazi | Nusantara

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sampang, Jawa Timur mengembalikan uang sitaan kasus korupsi tebu ke kas negara. Dalam kasus tersebut sebanyak sembilan orang terdakwa telah divonis hukuman penjara dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Kepala Kejari Sampang, Makmun, menjelaskan total uang yang dikembalikan ke kas negara tersebut mencapai Rp926,5 juta. Uang tersebut tersimpan dalam satu rekening atas nama Koperasi Usaha Makmur.

"Saldo pokok dalam rekening tersebut sebesar Rp862,2 juta dan bunga simpanan sebesar Rp64,25 juta sehingga total saldo dalam rekening sebesar Rp926,5 juta," kata Kajari, Kamis (12/3).

baca juga: Masyarakat Diminta Tak Berlebihan Sikapi Pandemi Korona

Sebelumnya, Kejari juga sudah mengembalikan uang hasil sitaan pada kasus yang sama sebesar Rp9,98 miliar yang tersimpan dalam rekening atas nama Koperasi Serba Usaha. Menurut Kajari, dalam penanganan kasus pengembangan Lebun Benih Datar berupa bantuan bibit tebu yang ternyata fiktif tersebut, sebanyak sembilan orang telah divonis bersalah dan sedang menjalani hukuman. Mereka adalah Edi Junaidi, Syaihul Anwar, Gada Rahmatullah, Abdul Aziz, Abdul Majid, Slamet Riyadi, Imam Ainu Ridla,  Sigit dan mantan Kepala Dinas Perkebunan Sampang, Imam Baktiono.

"Kasus tersebut terjadi pada 2013 lalu dan mulai kami proses sejak 2014," katanya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT