12 March 2020, 09:25 WIB

Menteri Kelautan Raih Gelar Doktor Komunikasi


(BY/N-1) | Nusantara

MENTERI Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meraih gelar doktor bidang Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Kader Partai Gerindra itu berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik.

Pada sidang yang dipimpin Ketua Tim Promotor Dadang Rahmat Hidayat di Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, Bandung, kemarin, Edhy berhasil meyakinkan para penguji atas disertasi dari studi kasus pada Pemilihan Calon Legislatif 2014-2019 Daerah Pemilihan I Sumatra Selatan itu, sehingga meraih yudisium cum laude.

Diraihnya gelar doktor melengkapi pencapaian akademisinya setelah meraih gelar master di bidang bisnis dari Swiss Germany University pada 2004.

Menteri kelahiran 1972 itu menjelaskan komunikasi persuasif yang dilakukan legislator selama kampanye dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni strategi persuasif psikodinamika, sosiokultural, dan construction of meaning.

Menurutnya, jika dilakukan dengan baik, cara itu mampu memberi kontribusi yang besar terhadap tingkat keterpilihan calon anggota legislatif (caleg). "Komunikasi persuasif yang intens dengan konstituen dapat menjadi modal sosial caleg dalam kontestasi politik," katanya. Ia meyakini cara itu mampu membujuk dan memengaruhi konstituen untuk mengikuti permintaan caleg terutama dalam pilihan.

"Bagaimana kita bisa membujuk, memengaruhi, sehingga orang tanpa sadar, tanpa disuruh, mau ikut dengan kita. Komunikasi ini sangat sederhana apabila kita lakukan dengan benar," bebernya. Bahkan, lanjutnya, komunikasi persuasif mampu menekan biaya politik caleg sampai pada ketegori rendah hingga sedang sebab biaya menjadi faktor penting dalam masa kampanye. (BY/N-1)

BERITA TERKAIT