12 March 2020, 07:04 WIB

Blora Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Atasi Kemiskinan


Akhmad Safuan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Blora, Jawa Tengah masih fokus dan prioritaskan npembangunan infrastruktur jalan dan jembatan hingga 2021. Hal ini untuk mengurangi dampak kemiskinan yang masih mencapai 11 persen.

"Fokus dan prioritas pembangunan yakni infrastruktur jalan dan jembatan ini sudah saya sampaikan di forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) tingkat eks Karesidenan Pati di Jepara beberapa waktu lalu," kata Bupati Blora Djoko Nugroho, Rabu (12/3).

Djoko mengatakan pembangunan infrastruktur merupakan prioritas untuk mendongkrak ekonomi warga. Selain pembangunan ruas jalan dan jembatan menembus kawasan hutan, prioritas lain adalah jalan-jalan menuju ke daerah lain yang berbatasan dengan Blora seperti Tuban, Bojonegoro, Ngawi (Jawa Timur) dan Rembang, sehingga memudahlan warga dari daerah lain dapat terjangkau.

Beberapa pembangunan infrastruktur yang akan menjadi prioritas yakni  membuka daerah baru yakni jalan tembus Blora- Ngawi melalui Randublatung-Getas-Banjarejo (batas Ngawi), guna membuka akses wilayah Blora bagian selatan menuju akses tol Solo-Kertosono.

"Selama ini warga kami yang ada di bagian selatan (Randublatung, Kedungtuban, Kradenan, dan Jati) ketika ingin ke Ngawi harus berputar lewat Cepu dulu," tambahnya.

Djoko Nugroho mengatakan beverapa ruas jalan lain yang membutuhkan bantuan Pemprov Jateng adalah peningkatan jalan Bogorejo-Jambetelu (batas Tuban Jatim), jalan Kunduran-Doplang, jalan Klopoduwur-Ngliron, jalan Ngliron-Kalisari dan jalan Pilang-Mendenrejo.

baca juga: Diduga Korupsi, Mantan Kadis PU Papua Dituntut 8 Tahun Penjara

Selanjutnya jalan strategis yang membutuhkan dana APBD sekitar Rp150 miliar, yakni kelanjutan peningkatan jalan Blora-Randublatung, jalan Jepon-Karang, jalan Kedungtuban-Galuk, jalan Mendenrejo-Ketuwan, jalan Ngraho-Ketuwan, jalan Banjarejo-Karangtalun, jalan Trembulrejo-Sonokidul, jalan Wulung-Klatak, jalan Seso-Jatirejo, jalan Bangkle-Pelem, dan jalan Karangtalun-Ngawen.

"Tahun 2020 ini Pemkab Bojonegoro akan membantu Blora membangun jembatan penghubung antara kedua daerah, ini akan memperpendek jangkauan bagi warga," imbuhnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT