11 March 2020, 22:18 WIB

Soal PAN Reformasi, Totok Daryanto: Sudah Kalah masih Ribut Terus


Anggitondi Martaon | Politik dan Hukum

POLITISI Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto tidak meyakini Amien Rais mendukung wacana pembentukan PAN Reformasi. Sebab, cara tersebut dinilai tidak sesuai dengan nilai demokrasi.

"Pak Amien itu enggak bisa diprovokasi dengan cara apapun untuk berada di luar prinsip-prinsip demokrasi. Enggak mungkin," kata Totok saat dihubungi, Rabu (11/3).

Totok menyampaikan, PAN menganut nilai demokrasi. Dia meyakini, jika tidak ada pihak yang mau mengikuti langkah yang diinisiasi oleh Muhammad Asri Anas dan segelintir kader tersebut.

Baca juga: Kalah di Kongres, Kader Desak Amien Rais Bentuk PAN Reformasi

"Itu sudah terbukti ya. Mereka kalau diajak-ajak begitu itu kan enggak ada yang mau. Yang datang kan cuma berapa gelintir yang diajak Asri Anas," ungkap dia.

Totok menyebutkan kalau Asri Anas merupakan orang baru di PAN. Dia meminta Ketua DPW PAN Sulawesi Barat untuk menyesuaikan diri dengan iklim di partai lambang matahari yang menganut asas demokrasi.

Baca juga: Amien Rais minta Pemerintah Jangan Sahkan Besannya Jadi Ketum PAN

"Jadi harusnya dia sadar, menyesuaikan dengan iklim yang ada, kultur organisasi PAN. Jangan membawa kultur lain, karena dia akan terpental dalam PAN kalau dia cara berpikir dan perilakunya masih seperti itu," sebut dia.

Baca juga: Hatta Rajasa Jadi Ketua MPP PAN, Amien Rais ke Mana?

Asri Anas juga diingatkan agar tidak mengadu domba kepengurusan PAN dengan Amien Rais. Asri Anas diminta mengakui kemenangan Zulkifli Hasan dalam Kongres V PAN.

"Sudah kalah masih ribut terus, kapan selesainya. Jadi kita ingin menyadarkan Anas," ujar dia. (X-15)

BERITA TERKAIT