12 March 2020, 04:20 WIB

Rekor Baru Leipzig dan Atalanta


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

RASENBALLSPORT Leipzig sukses melangkah ke perempat final Liga Champions setelah membungkam finalis tahun lalu, Tottenham Hotspur dengan skor 3-0 dalam leg kedua babak 16 besar, Kamis (12/3) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat Leipzig mengantongi agregat 4-0.

Marcel Sabitzer tampil gemilang dengan mencetak dua gol pada menit ke-10 dan ke-21, sedangkan Emil Forsberg melengkapi kemenangan Leipzig pada menit ke-87.

Bagi pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann, hasil babak 16 besar sangat istimewa karena dia menjadi pelatih termuda yang mampu membawa sebuah klub lolos dari fase gugur di Liga Champions. Nagelsmann yang kini berusia 32 tahun memecahkan rekor milik Didier Deschamps yang berusia 35 tahun saat membawa Monako ke final pada musim 2003-2004.

"Kami tim yang lebih baik dari Tottenham," kata Nagelsmann.

Di lain sisi, Mourinho tak bisa menyembunyikan kekecewaannya seusai dibungkam Leipzig. Dengan kekalahan itu, artinya Mourinho gagal mempersembahkan trofi bagi Tottenham di musim pertamanya.

"Ini sangat sulit karena Leipzig sangat tangguh. Mereka mencetak gol dari kesalahan kami, lalu pertandingan menjadi sulit," kata Mourinho.

Dari tempat lain, pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini juga berhasil membawa skuadnya ke perempat final. Kemenangan 4-3 dari Valencia di leg kedua diharapkan bisa jadi kabar gembira bagi publik Bergamo yang tengah berjuang memerangi virus korona. Atalanta lolos setelah menang agregat 8-4. Bergamo seperti diketahui merupakan markas Atalanta dan salah satu wilayah di Italia yang terdampak virus korona cukup parah dengan 1.245 kasus.

"Kami mewakili wilayah yang saat ini sangat menderita, sangat bahagia. Kami mendapat banyak pesan, mereka mengikuti dari rumah. Kami akan merayakan bersama pada Juni, setelah berakhirnya kejuaraan," kata Gasperini seusai pertandingan.

Atalanta menjadi tim debutan kedua di Liga Champions yang lolos ke perempat final setelah Leicester City pada 2016-2017. Atalanta mampu melangkah lebih jauh berkat Josip Ilicic, seorang yang memborong empat gol, sedangkan tiga gol balasan Valencia dicetak Kevin Gameiro di menit ke-21 dan ke-51, serta Ferran Torres di menit ke-67.

 

Jaga momentum

Manchester United akan melawat ke Linzer Stadion, markas LASK dalam leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (13/3) dini hari WIB.

Laga itu akan digelar tanpa penonton imbas merebaknya korona di Eropa. Arsitek Manchester United Ole Gunnar Solskjaer akan menjaga momentum positif yang tengah menaungi anak asuhnya yang telah melakoni 10 laga tak terkalahkan.

Pada saat LASK menjamu 'Setan Merah', juga akan berlangsung laga Sevilla kontra AS Roma di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan. Itu adalah pertemuan pertama kedua tim di kompetisi Eropa. Namun, laga sengit itu juga harus digelar tanpa penonton.

Tidak didukung secara langsung oleh publiknya sendiri tentu jadi kerugian bagi Sevilla karena mereka selama ini bermain impresif di kandang. (Faj/R-3)

BERITA TERKAIT