11 March 2020, 22:12 WIB

Kalah di Kongres, Kader Desak Amien Rais Bentuk PAN Reformasi


Anggitondi Martaon | Politik dan Hukum

SEBAGIAN kader mendesak Amien Rais membentuk PAN Reformasi. Langkah itu sebagai bentuk perlawanan karena Amien diabaikanoleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dalam menyusun pengurus DPP periode 2020-2025.

"Mereka ini mendesak Pak Amien dari pada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan dan kawan-kawan sebagai petinggi, tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali. Nah teman-teman mendorong agar dibentuk PAN Reformasi," kata politisi PAN Muhammad Asri Anas saat dihubungi, Rabu (11/3).

Politisi PAN Muhammad Asri Anas. (Antara)

Ketua DPW PAN Sulawesi Barat itu menuding jika kubu pemenang Kongres V PAN berbohong. Amien Rais dan Kubu Mulfachri Harahap tidak pernah diajak bicara dalam kepengurusan.

Baca juga: Dradjad Yakin Amien Rais-Zulhas Selesaikan Masalah dengan Damai

"Iya semuanya. Kalau Pak Zul mengatakan sudah bertemu, itu bohong. Mulfachri saja enggak pernah diajak sama sekali," tegas dia.

Selain itu, keputusan Zulkifli Hasan menggeser jabatan Amien Rais sebagai Ketua Dewan Pembina dianggap tidak etis. Padahal, Amien dianggap berjasa atas terbentuknya PAN.

Baca juga: Hatta Rajasa Jadi Ketua MPP PAN, Amien Rais ke Mana?

"Zulkifli Hasan menganggap Pak Amien Rais sebagai penghalang. Dan tentu itu sangat tidak etis. Pak Zul ini sudah banyak menikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini," sebut dia.

Oleh karena itu, dia mengklaim, banyak pihak di PAN mendorong agar Amien Rais bergerak menyikapi perlakuan Zulkifli Hasan, salah satunya mendirikan PAN Reformasi.

Baca juga: PAN Tidak Masalah Jika Ambang Batas Parlemen Naik

Desakan itu disampaikan langsung oleh perwakilan DPW dan DPD PAN. "Ada 200 lebih DPD dan DPW siap bergabung mendirikan PAN Reformasi. Tetap namanya PAN kalau perlu logonya apanya semuanya sama. Kalau perlu anggaran dasarnya sama seperti PAN didirikan," terang dia.

Saat ditanya bagaimana respons Amien Rais terhadap desakan tersebut? Asri mengatakan Amien menilai jika desakan membentuk partai baru dijadikan sebagai rencana cadangan. Asri dan kader PAN yang lainnya diminta mengajukan gugatan hasil kongres.

"Fokus kita adalah memasukkan gugatan ke pengadilan tentang kongres yang benar-benar menciderai demokrasi dan merusak tatatan PAN," ujar dia. (X-15)

 

BERITA TERKAIT