11 March 2020, 16:00 WIB

DIgitalisasi Bantu Efisienkan Proses Bisnis Perusahaan


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

ERA ekonomi digital menuntut efisiensi proses bisnis perusahaan agar ekseskusi rencana bisnis pun bisa lebih gesit. Salah satunya ditunjang dengan penerapan teknologi digital.

Hal itu ditunjukkan oleh PT. Bekasi Fajar Industrial Estate (BEST) yang mengelola kawasan Industri MM2100 di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. BEST menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP) dalam mengelola bisnisnya.

Sistem ERP yang dipilih adalah ERP Microsoft Dynamics on Azure Cloud Computing Platform yang ditanamkan dalam sistem korporasi atas kerja sama dengan PT Artha Infotama.

Wakil Direktur Utama BEST Leo Yulianto Sutedja mengatakan, sistem ERP Microsoft Dynamics on Azure Cloud Computing Platform dipilih karena dapat membantu perusahaan menjalankan proses operasional usaha secara efisien, akurat, dan optimal.

Baca juga : Tarif Baru Ojek Daring tak Signifikan Pengaruhi Inflasi

Hal itu dapat direalisasikan dengan memanfaatkan teknologi, yaitu diantaranya guna pembuatan dan penyusunan laporan-laporan serta penganggaran.

“Setelah implementasi sistem ERP diharapkan selesai pada tahun ini, ekspektasi kami adalah bisa mendapatkan report yang on time dan akurat serta mengakses informasi secara real time. Proses-proses yang terlibat, seperti accounting dan purchasing, dan unit divisi lainnya  akan menjadi lebih sederhana dan memiliki sistemasi yang baik, sehingga dapat menganalisa data lebih terintegrasi dan pengambilan keputusan lebih tepat”, tutur Leo dalam keterangan tertulisnya.

Ia berharap dengan penerapan sistem ERP yang baru, BEST dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses sehingga dapat memaksimalkan sumber daya yang ada serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT