11 March 2020, 19:14 WIB

Keluarnya Roy Suryo Tak Pengaruhi Kekuatan Demokrat


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

KETUA Bidang Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengatakan bahwa pengunduran diri Roy Suryo dari Demokrat tidak akan mengganggu kekuatan Partai Demokrat kedepan. Meski demikian, ia mengakui pengunduran tersebut mengagetkan Demokrat.

"Karena partai dan kader semua sedang fokus persiapan kongres. Momen yang tidak tepat untuk mundur sebetulnya, jadi itu yang membuat kami kaget," ujar Ferdinand, dalam keterangannya, Rabu, (11/3).

Ferdinand menjelaskan selama ini Roy tidak pernah menyampaikan rencana pengunduran diri. Hal itu disampaikan dengan mendadak.

"Namun demikian seperti saya sampaikan bahwa pengunduran diri ini tak akan mempengaruhi soliditas partai dan kekuatan partai," ujarnya.

Terkait sikap Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ferdinand mengatakan belum ada sikap atau pernyataan resmi dari Presien RI ke-6 itu. SBY disebut masih fokus menyiapkan kongres Demokrat yang akan segera dilaksanakan akhir Maret mendatang.

"Pak SBY belum bersikap karena beliau lagi fokus untuk menyukseskan kongres Demokrat. Saya pikir pak SBY akan menyetujui pengunduran diri tersebut karena kami meyakini patah tumbuh hilang berganti adalah sebuah keniscayaan," ujarnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT