11 March 2020, 18:51 WIB

Muncul Tujuh Kasus Baru, Pasien Positif Korona Capai 31 Orang


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH mengumumkan tujuh pasien positif Korona baru pengidap korona, Rabu (11/3).

Juru bicara pemerintah terkait penanganan korona Achmad Yurianto mengungkapkan, seluruh kasus baru itu adalah warga negara Indonesia yang baru saja bepergian ke luar negeri dan tertular di luar wilayah Tanah Air.

Mereka kini dalam kondisi sakit ringan dan sedang.

Yurianto mengklaim pemerintah sedianya telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh WNI yang datang dari luar negeri, terutama yang berasal dari negara-negara pusat penyebaran.

"Tapi kalau dalam kondisi ringan dan sedang, suhu tubuh mereka tidak panas, tidak terlalu tinggi sehingga tidak terdeteksi thermal scan," ujar Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

Semua kasus yang terinfeksi di luar negeri sejauh ini bisa dideteksi dengan menggunakan health alert card.

"Mereka memegang itu sebagai pedoman telah berkunjung ke negara mana saja. Siapapun yang memiliki kartu itu, ketika merasa tidak enak badan, dia harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit," tuturnya.

Yuri masih enggan membeberkan telah dari negara mana saja para WNI yang terpapar tersebut. Ia hanya memberi petunjuk bahwa mereka datang dari negara yang tidak jauh dari Indonesia.

"Tidak pulang umrah. Coba, orang Indonesia paling banyak ke mana saja? Dekat-dekat saja, tidak jauh-jauh," tandas dia.

Dengan tambahan tujuh kasus baru, dan pengurangan dua pasien yang sudah sembuh serta satu pasien meninggal, kini total pasien positif mencapai 31 orang. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT