11 March 2020, 18:47 WIB

Bandara Ngurah Rai Perketat Pemeriksaan Penumpang


Arnoldus Dhae | Nusantara

Bandara Internasional Ngurah Rai Bali memperketat pemeriksaan penumpang. Jika sebelumnya, pemeriksaan penumpang terutama suhu tubuh
dilakukan hanya untuk penumpang mancanegara, maka kini semua penumpang yang datang melalui Bandara Ngurah Rai akan diperiksa semua baik yang domestik maupun yang mancanegara.

Humas PT Angkasa Pura Ngurah Rai Arie Ashanurrohim membenarkan terjadi pengetatan penumpang di Bandara Ngurah Rai Bali. "Sekarang semua penumpang diperiksa baik di kedatangan internasional maupun domestik. Bedanya, di kedatangan internasional menggunakan thermal scanner. Sementara di domestik menggunakan thermal gun. Sekarang tanpa kecuali kita periksa. Bila terdeteksi suhu badan naik maka akan mendapatkan penanganan khusus di Kantor Kesehatan dan Pelabuhan (KKP),"  ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya pengetatan pemeriksaan sudah dilakukan sejak terjadinya eskalasi jumlah pasien yang terjadi di Indonesia semakin banyak. Di kedatangan domestik juga diperiksa karena saat ini jumlah  yang positif sudah semakin banyak dan berasal dari Indonesia.

Untuk menjaga agar virus tidak menyebar ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai maka para penumpang domestik juga diperiksa. "Kita periksa suhu tubuhnya. Bila di atas rata-rata maka petugas KKP akan melanjutkan dengan prosedur yang sudah ada," jelasnya.

Pemeriksaan dilakukan di pintu keluar tanpa kecuali. Untuk sementara pemeriksaan dilakukan hanya dengan thermal gun. Namun alangkah baiknya juga menggunakan thermal scanner.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas juga akan selalu melakukan semprotan cairan desinfektan di seluruh area publik. Penyemprotan dilakukan secara berkala terutama menjelang dinihari saat penumpang lengang. Hal ini akan dilakukan terus sampai dengan virus Korona dinyatakan negatif di seluruh Indonesia. (OL/OL-10)

BERITA TERKAIT