11 March 2020, 16:36 WIB

Joe Biden Perkuat Posisi untuk Lawan Trump


Nur Aivanni | Internasional

JOE Biden telah memperkuat posisinya sebagai calon terdepan dalam nominasi Partai Demokrat untuk menghadapi Presiden AS Donald Trump dalam pemilihan presiden pada November mendatang.

Dikutip dari BBC, Rabu (11/3), mantan wakil presiden itu diproyeksikan akan memenangkan Michigan, hadiah terbesar dalam pemilihan pendahuluan pada Selasa (10/3) dan memperpanjang kepemimpinannya atas Bernie Sanders.

Baca juga: Jerapah Putih Langka Dibunuh Pemburu Liar

Peluang Biden telah pulih dengan kemenangan besar di Super Tuesday (3/3) setelah beberapa mantan saingannya beralih untuk mendukungnya.

Tonggak pemilihan besar Demokrat berikutnya adalah dalam waktu seminggu ketika 577 delegasi siap untuk diperebutkan.

Untuk mengamankan nominasi, seorang kandidat membutuhkan dukungan dari 1.991 delegasi. Sebelum pemungutan suara pada Selasa, Biden memiliki 648 delegasi dan Sanders 563 delegasi.

Sebelumnya, Biden nampak kesulitan di awal kampanyenya pada Februari. Mantan wakil presiden AS itu menempati urutan keempat di Kaukus Iowa dan kelima di pemilihan pendahuluan pertama di New Hampshire.

Kemudian, Biden bangkit kembali dengan kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan di South Carolina. Juga, ia berhasil memenangkan 10 dari 14 negara bagian pada Super Tuesday.

Baca juga: Panama Laporkan Kematian Pertama Virus Korona di Amerika Utara

Pada Selasa malam, Biden berterima kasih kepada para pendukung dari Philadelphia. Ia mengatakan Demokrat, termasuk para pendukung Bernie Sanders, dapat mengalahkan Donald Trump.

"Malam ini kita selangkah lebih dekat untuk mengembalikan martabat dan kehormatan ke Gedung Putih," kata Biden. "Kita harus memimpin dunia lagi. Kebijakan Amerika Pertama Donald Trump telah membuat Amerika sendirian," tambahnya. (BBC/OL-6)

BERITA TERKAIT