11 March 2020, 15:46 WIB

Tiga Staf Tim F1 Diisolasi dan Dites Virus Korona


Akmal Fauzi | Olahraga

TIGA anggota staf tim Formula 1 (F1) diisolasi untuk dites terkait virus korona di Grand Prix Australia. Mereka yakni dua staf dari tim Haas F1 dan satu staf dari McLaren.

“Dua staf itu menunjukan beberapa gejala sehingga mereka memeriksakan diri dan melakukan isolasi diri sebagaimana mestinya. Sementara mereka menunggu hasil (tes),” kata seorang pejabat Haas kepada AFP, Rabu (11/3).

Seorang pejabat McLaren menambahkan, salah satu staf mereka telah melakukan isolasi sendiri di hotel sebagai tindakan pencegahan setelah staf tersebut menunjukan gejala mirip dengan virus korona.

“Kami berharap akan menerima hasilnya dalam semalam. Tim beropersi sesuai jadwal,” ujarnya.

Ketiga staf tim F1 itu diuji di sirkuit Albert Park saat tim bersiap untuk balapan pembuka musim ini pada hari Minggu (15/3). Belum diketahui kelanjutan seri balap itu jika ketiganya dinyatakan positif.

Semua tim F1 sudah berada d Australia termasuk Scuderia Ferrari dan AlphaTauri, pabrikan yang berasal dari Italia.

Australia sempat melarang perjalanan dari Italia dan menyiapkan dana kesehatan senilai US$1,6 miliar sebagai upaya menekan penyebaran virus korona.

Para pemimpin tim F1 mengatakan, pebalap tidak akan ambil bagian dalam sesi tanda tangan dan swafoto ke penggemar seperti biasanya. Sementara pebalap Renault Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon menarik diri dalam sesi konferensi pers yang dijadwalkan Rabu.

“Pebalap kami seharusnya bersama kami untuk acara ini (konferensi pers). Saya berharap anda mengerti mengapa kami mengambil tindakan seperti itu,” kata Kepala Tim Cyril Abiteboul. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT