11 March 2020, 15:00 WIB

Tekan Kasus DBD, Dinkes Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk


Lilik Darmawan | Nusantara

Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) menjadwalkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak di 24 kecamatan. Langkah itu dilakukan untuk menekan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinkes Cilacap Pramesti Griana Dewi mengungkapkan bahwa pihaknya siap menggelar PSN secara serentak pda Jumat (13/3). "Karena kasus DBD sudah terjadi di Cilacap dan untuk menurunkan kasusnya, maka peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Kami mengajak kepada seluruh warga di 24 kecamatan untuk bergerak bersama melakukan PSN," jelas Pramesti, Rabu (11/3).

Menurut Pramesti, pencanangan secara serentak bakal dilaksanakan di Kecamatan Adipala, Cilacap. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kecamatan dan puskesmas untuk kelancaran gerakan PSN tersebut. "Selain itu, Dinkes juga melakukan upaya pengasapan. Namun, upaya fogging dilakukan setelah dilaksanakan penyelidikan epidemiologi (PE). Kalau dari PE dinyatakan memenuhi persyaratan, maka akan segera dilaksanakan fogging," ujarnya.

Kasus DBD di Cilacap meningkat sejak awal tahun. Hingga pekan ke-10 atau awal Maret, ada 146 DBD, dua di antaranya meninggal dunia. Jumlah kasus tersebut tidak mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT