11 March 2020, 11:59 WIB

YLKI Minta Pemerintah Sediakan Thermal Scanner di Setiap Bandara


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

YAYASAN Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk aktif menangani dan mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Salah satu pencegahan dilakukan dengan alat thermal scanner yang harus disediakan di setiap bandar udara.

"Salah satu media yang efektif untuk persebaran atau penularan adalah transportasi udara. Mengingat transportasi udara sangat erat kaitannya dengan mobilitas internasional, penumpang lintas negara," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi melalui keterangan resminya, Rabu (11/3).

YLKI meminta pemerintah, khususnya Kemenkes RI, Kemenhub RI, dan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II, untuk menyediakan thermal scanner di setiap terminal keberangkatan, baik domestik atau internasional, di semua bandara di Indonesia

"Hal ini penting untuk melindungi konsumen atau penumpang lainnya dari kekhawatiran terpapar Covid-19. Bahkan hal ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua penumpang, termasuk kru pesawat," ujar Tulus.

Saat ini, pemerintah baru memasang thermal scanner pada area kedatangan internasional, sehingga menurut Tulus hal tersebut belum dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berpergian dalam negeri.

"Bandingkan dengan Singapura, Hongkong dan kota-kota di Tiongkok yang sudah menyediakan thermal scanner di semua terminal keberangkatan domestik internasional, sejak virus korona merebak," jelasnya.

Hal itu dilakukan untuk melindungi penumpang dari potensi terpapar virus korona, dan juga untuk mendorong masyarakat tetap bepergian atau bermobilitas, dengan tenang, aman dan nyaman. (Iam/OL-09)

BERITA TERKAIT