11 March 2020, 11:37 WIB

Formula E Ditunda, Anies: Commitment Fee Tidak Hangus


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, memutuskan untuk menunda ajang balap mobil listrik internasional, Formula E.

Seperti diketahui, Formula E dijadwalkan pada 6 Juni mendatang, atau dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri. Meski ditunda, tidak ada denda pinalti atau kerugian dari segi finansial. Commitment fee yang sudah dibayar pada Desember 2019 sebesar 20 juta poundsterling pun tidak hangus.

"Tidak hangus untuk commitment fee," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu (11/3).

Anies menegaskan keputusan penundaan Formula E diambil setelah dirinya berkonsultasi dengan induk organisasi balap mobil dunia FIA dan induk organisasi Formula E, yakni FEO.

Baca juga: Anies Resmi Tunda Formula E

"Selama ada virus korona (COVID-19) ini kami terus berkoordinasi dan berkomunikasi instens dengan mereka, hingga akhirnya diputuskan untuk menunda. Alhamdulillah mereka menerima," ungkap Anies.

Pertimbangan ini harus dilakukan, mengingat Formula E berpotensi mendatangkan turis mancanegara dari berbagai negara, temasuk negara terjangkit korona. Anies menegaskan pihaknya tidak mau mengambil risiko penularan virus korona dari turis yang menyambangi Jakarta.

"Kita pikirkan keselamatan warga dulu. Sebelumnya dalam mengadakan itu kita pikirkan 3P, yakni Planet, Profit dan People. Sekarang kita balik People, Planet dan Profit ada di urutan terakhir," tukasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT