11 March 2020, 13:15 WIB

La Liga akan Digelar Tanpa Penonton Selama Dua Pekan


Antara | Sepak Bola

OPERATOR La Liga, Selasa (10/3), mengonfirmasi pertandingan-pertandingan divisi pertama dan kedua akan dimainkan tanpa penonton setidaknya selama dua pekan karena penyebaran virus korona.

Langkah itu sejalan dengan keputusan Dewan Tinggi Olahraga Spanyol, yang menyatakan semua kegiatan olahraga di dalam dan luar negeri harus dimainkan tanpa penonton untuk meredam penyebaran virus.

"Menurut informasi dari Dewan Tinggi Olahraga (CSD), pertandingan-pertandingan Liga Santander dan La Liga Smartbank akan dimainkan tanpa penonton mulai hari ini dan setidaknya untuk dua pekan mendatang," demikian pernyataan La Liga, Selasa (10/3).

"La Liga akan terus berhubungan dengan Kementerian Kesehatan dan CSD untuk menuruti rekomendasi dan/atau keputusan-keputusan mereka, dan mengutamakan kesehatan para penggemar, pemain, pekerja klub, dan pewarta selama krisis kesehatan akibat COVIC-19," tambahnya.

Pertandingan Real Madrid melawan Eibar di Santiago Bernabeu pada Jumat (13/3) malam akan menjadi laga pertama yang terdampak keputusan itu.

Baca juga: Menang di Markas Eibar, Sociedad Masuk Empat Besar La Liga

Dua pertandingan derby juga akan dimainkan di stadion yang kosong, yakni Valencia menjamu Levante di Mestalla pada Sabtu (14/3), serta Sevilla menjamu Real Betis di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan pada Minggu (14/3) malam.

Spanyol telah mencatatkan lebih dari 1.500 kasus virus korona pada Selasa (10/3), sehingga pemerintahnya pada Senin (9/3) telah memutuskan menutup semua sekolah di area Madrid mulai Rabu (11/3) sampai akhir Maret.
 
Pengumuman La Liga itu keluar setelah beberapa klub Eropa, termasuk tim-tim Spanyol, memutuskan menggelar laga tanpa penonton.

Pada Selasa (10/30 siang, Barcelona mengonfirmasi pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions mereka melawan Napoli di Camp Nou pada 18 Maret akan dimainkan tanpa penonton.

Pertandingan Liga Champions antara Valencia menjamu Atalanta pada Rabu (11/3) dini hari WIB dan pertandingan Liga Europa antara Sevilla melawan AS Roma pada Jumat (13/3) dini hari WIB juga akan dimainkan di stadion yang kosong.

Namun para penggemar Real Madrid masih berharap diizinkan melakukan perjalanan ke Inggris, untuk mendampingi tim mereka menghadapi Manchester City di Stadion Etihad pada 17 Maret.

La Liga juga mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan menghentikan sementara kompetisi La Liga.

Serie A telah dihentikan sepenuhnya sampai 3 April, sedangkan di Prancis, pertandingan Liga Champions antara Paris St Germain menjamu Borussia Dortmund pada Kamis (12/3) dini hari WIB akan dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Pada Kamis (12/3) dini hari WIB, derby Lembah Rhine antara Borussia Moenchengladbach melawan Koln akan dimainkan tanpa penonton. Itu merupakan pertama kalinya dalam sejarah Bundesliga, suatu pertandingan akan dimainkan tanpa kehadiran para penggemar. (OL-1)

BERITA TERKAIT