11 March 2020, 09:28 WIB

Biden Ungguli Sanders di Mississippi dan Missouri


Nur Aivanni | Internasional

JOE Biden mengambil langkah besar untuk meraih nominasi dari Partai Demokrat untuk berhadapan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Ia diproyeksikan menang atas Bernie Sanders di dua dari enam negara bagian yang menggelar pemilihan pendahuluan, yakni Mississippi dan Missouri.

Dikutip dari AFP, Rabu (11/3), kemenangan di Mississippi, diproyeksikan oleh jaringan AS, menegaskan dukungan penting dan luar biasa dari pemilih Afrika-Amerika untuk Biden, yang merupakan mantan wakil presiden di bawah presiden kulit hitam pertama AS, Barack Obama.

Sementara itu, hasil pemungutan suara di empat negara bagian lainnya, termasuk medan pertempuran utama Michigan, akan segera tiba.

Michigan khususnya, raksasa industri yang dimenangkan Trump pada 2016, menjadi target Biden sebagai tempat untuk meletakkan penanda menjelang pemilihan umum pada November mendatang.

Baca juga: Gara-Gara Virus Korona, Sanders dan Biden Batalkan Kampanye

Michigan adalah target utama dalam pemilihan pendahuluan tersebut dengan jumlah delegasi yang besar yang dipertaruhkan di antara enam negara bagian.

Begitu pula dengan Sanders, ia juga mengakui Michigan sangat penting sebagai ujian bagi pesan revolusinya melawan status quo ekonomi.

Artis dan perancang Cecilia Covington, 61, adalah orang pertama yang memberikan suara di Precinct 123 di pusat kota Detroit. Ia tiba di Chrysler Elementary School untuk memilih Biden.

"Ketika dia tidak berhasil dalam jajak pendapat, saya benar-benar khawatir," katanya.

Namun, kemenangan Biden dalam Super Tuesday telah mengembalikan kepercayaan dirinya. Biden memenangkan 10 dari 14 negara bagian yang memberikan suara pada Super Tuesday.

Sementara itu, pendukung Sanders, Frank Anderson, 24, seorang insinyur perangkat lunak, mengatakan ia optimistis meraih kemenangan, mencatat bagaimana Sanders menang di pemilihan pendahuluan di Michigan pada 2016 atas Hillary Clinton. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT