11 March 2020, 08:38 WIB

Trump Mengaku Sehat dan Tidak Memiliki Gejala Virus Korona


Antara | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump engaku dirinya belum melakukan tes virus korona. Namun ia mengaku tidak memiliki gejala penyakit tersebut dan telah diperiksa oleh dokter Gedung Putih.
 
"Menurut saya itu bukan masalah besar. Saya akan melakukannya. Saya merasa tidak ada alasan apa pun. Saya merasa sangat sehat. Kondisi saya sangat baik," kata Trump kepada awak media di Capitol AS, usai pertemuan mengenai tanggapan terhadap virus corona dengan Senat Partai Republik, Selasa (10/3).
 
Sebelumnya juru bicara Gedung Putih, Stephanie Grisham, Senin (8/3), mengatakan Trump belum menjalani tes.

"Sebab ia tidak menunjukkan gejala dan tidak melakukan kontak erat yang berkepanjangan dengan pasien pengidap virus korona," terang Grisham.

Di antara para pejabat yang bepergian dengan Trump menggunakan Air Force One pada Senin terdapat Perwakilan Republik Matt Gaetz.
 
Gaetz beberapa jam kemudian mengumumkan bahwa ia akan mengarantina diri sebab telah berinteraksi dengan seorang peserta di sebuah konferensi politik. Dan peserta itu terbukti positif korona.  Sesama rekan Republikan sekaligus kepala staf presiden yang baru terpilih, Mark Meadows, juga menghadiri konferensi tersebut. Ia akan mengisolasi diri hingga Rabu, menurut juru bicara pada Senin.

baca juga: Menteri Kesehatan Inggris Positif Korona
 
Secara nasional, terdapat 761 kasus virus korona terkonfirmasi dan komplikasi lainnya yang dikonfirmasi hingga Selasa pagi. Menurut penghitungan Johns Hopkins University, tercatat pula sedikitnya 28 kematian terkait virus korona di AS. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT