11 March 2020, 08:40 WIB

NasDem-PAN Jajaki Kerja Sama dalam Pilkada


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

DEWAN Pimpinan Pusat Partai NasDem menerima kunjungan pengurus baru Partai Amanat Nasional (PAN) yang dipimpin Ketua Umum Zulkifli Hasan, di Kantor DPP NasDem, Gondangdia Lama, Menteng, Jakarta, kemarin.

Adapun pengurus DPP PAN yang hadir pada kesempatan itu, antara lain  Majelis Penasihat Partai Soetrisno Bachir, Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) Hatta Rajasa, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum Asman Abnur, Sekjen Eddy Suparno, Viva Yoga Mauladi, dan Yandri Susanto.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan ada beberapa hal yang disepakati kedua parpol, antara lain mengenai kemungkinan bersama mengusung calon kepala daerah pada Pilkada 2020.

Surya menyebut meskipun daerah-daerah belum secara spesifik memetakan soal pengusungan calon, pihaknya berharap pekan ini dapat diselesaikan.

"Spesifiknya belum ada secara keseluruhan tapi dalam minggu ini akan kami tuntaskan, itu kesepakatan tadi. Mana yang bisa disinergikan baik dari PAN dan keluarga besar NasDem dalam mengusung di berbagai tingkat, provinsi, kabupaten/kota," ujar Surya.

Selain itu, Surya menuturkan kedua pihak juga membahas mengenai kebijakan pemerintah dan kesiapan bersama menghadapi pilkada, termasuk menyikapi keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai format pemilu serentak.

Pertemuan itu, kata Surya, berlangsung cair dan penuh canda tawa. Hubungan yang sudah terbina selama ini antarkedua parpol diharapkan terus dipertahankan untuk kepentingan yang jauh lebih besar.

"Pertemuan ini dalam suasana kebatinan hangat, saling menyapa, membicarakan masalah-masalah yang tidak terbatas pada hubungan formal dari kedua parpol, tapi diselang-selingi menyangkut semangat kekeluargaan yang dimiliki," ungkap Surya.

 

Pelantikan pengurus

Sementara itu, Zulkifli menjelaskan kunjungan pengurus DPP PAN kali ini antara lain bersilaturahim sekaligus mengundang Ketua Umum NasDem dan Sekjen untuk menghadiri pelantikan pengurus DPP PAN yang baru, pada 25 Maret mendatang.

Pria yang akrab disapa Zulhas, itu pun memastikan sejumlah tokoh politik akan hadir dalam pelantikan pengurus DPP PAN. Salah satunya Presiden Joko Widodo. "Insya Allah akan dihadiri Presiden Jokowi," ucapnya.

Surya menyambut hangat undangan tersebut. Ia pun memastikan akan hadir dalam acara pelantikan tersebut. "Insya Allah kami akan datang," katanya.

Surya juga mengucapkan selamat atas suksesnya Kongres PAN yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 10-12 Februari 2020. Menurutnya, PAN telah berhasil melewati kemelut internal saat kongres berlangsung. "Apalah artinya, ada kemelut dalam internal, harus hadirnya matahari yang mengubah itu semua," ujarnya setengah berkelakar.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya menambahkan, NasDem terbuka apabila ada daerah yang memang dapat mengusung calon kepala daerah secara bersama-sama dengan partai lain.

"Kalau ada daerah yang memang cocok, kenapa tidak. Tapi kita sistemnya tidak seperti Siti Nurbaya, kawin paksa," tukasnya.

Saat ditanya tanggapan NasDem mengenai kemungkinan PAN akan merapat ke kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Willy mengatakan hal itu sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi. NasDem menghormati apa pun keputusan Presiden. (P-3)

BERITA TERKAIT