10 March 2020, 21:43 WIB

IBM Sediakan Sistem Pintar Bantu Penelitian Obat Virus Korona


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

SALAH satu upaya untuk mencegah penyebaran virus korona semakin luas ialah penelitian untuk menemukan vaksin dan obat penangkal yang kini sedang dilakukan ilmuwan dunia.

Perhatian untuk menciptakan vaksin dan obat terhadap virus korona juga dilakukan perusahaan perangkat lunak, IBM yang menyiapkan sistem IBM Clinical Development (ICD) untuk membantu mendukung percepatan pengembangan obat-obatan utama untuk memerangi virus korona.

Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya menjelaskan, ICD adalah solusi pengambilan data berbasis SaaS (Software-as-a-Service) terpadu, yang dirancang untuk memberikan visibilitas yang komprehensif serta kemampuan manajemen uji coba klinis dan pasien.

Baca juga : Seluruh Pasien Korona Sembuh, Vietnam Klaim Menang "Perang"

"ICD dirancang untuk mengurangi waktu dan biaya uji coba dengan memusatkan dan mengatur rincian uji coba klinis, menyediakan akses 24 jam terhadap data uji klinis melalui satu URL dari perangkat apa pun," kata Tan Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/3).

Selain itu, lanjut Tan, ICD juga menyediakan platform manajemen data yang fleksibel dan berskala guna membantu merancang dan mengelola uji klinis dengan memasukkan fitur dan layanan khusus pada pilihan uji klinis tersebut.

Tan menegaskan, bagi rumah sakit dan lembaga penelitian yang ingin berkolaborasi lewat ICD, IBM juga menyediakan pengembangan berbasis data dan pelatihan dasar penggunaan ICD secara gratis. (RO/Ol-7)

BERITA TERKAIT