10 March 2020, 21:11 WIB

Kewaspadaan komunitas Kunci Cegah Penyebaran Covid-19


Antara | Humaniora

KEWASPADAAN komunitas perlu ditingkatkan untuk mengendalikan penyebaran virus korona Covid-19 di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Kolonel Soroy Lardo di Media Center Covid-19, Jakarta, Selasa (10/3).

Menurutnya, kewaspadaan pertama yang dapat dilakukan, yakni kesadaran di dalam komunitas mengenai pentingnya budaya mencuci tangan.

"Mencuci tangan harus menjadi budaya dalam tingkat keluarga dan komunitas, termasuk di tempat kita bekerja," ujarnya dikutip dari Antara.

Baca juga : Sistem Deteksi Korona di Korsel Kurang Cocok di Indonesia

Kedua, kata dia, kesadaran menggunakan masker pada saat yang tepat, yakni pada kondisi tertentu untuk mencegah penularan secara kompleks.

Ketiga, setiap keluarga harus mengidentifikasi apakah ada di antara keluarganya memiliki penyakit penyerta atau komorbid, termasuk mereka yang berusia lanjut atau menderita diabetes melitus, sebab kelompok tersebut rentan terkena infeksi.

Dia menekankan community precautions bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Dia mengusulkan agar dilakukan pemberdayaan di masyarakat bawah oleh puskesmas.

"Kami usul ada pemberdayaan grassroot dari puskesmas. Kalau di TNI ada bintara teritorial untuk mengidentifikasi, sehingga ketika ada satu kasus bisa dilakukan suatu pelacakan," ujar dia. (Ant/OL-7)

 

BERITA TERKAIT