10 March 2020, 20:55 WIB

Pekan QRIS Nasional Dihelat di NTT


Palce Amalo | Ekonomi

BANK Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nasional. Acara itu dipusatkan di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) C dan A Kota Kupang, NTT, Selasa (10/3).

Kegiatan itu bertujuan mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan Indonesia Maju. QRIS adalah standar nasional QR Code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.

"Kita mengunakan kesempatan ini untuk melakukan QRIS ke seluruh merchant  terutama UMKM di seluruh kabupatan dan kota di NTT," kata Kepala BI  Perwakilan NTT I Nyoman Ariawa Atmaja kepada wartawan seusai membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, sejak diluncurkan pada 17 Agustus-Desember 2019, tercatat 10.359 merchant yang mengubah QR yang lama menjadi QRIS. Dengan adanya pekan QRIS ini, jumlah merchant yang mengganti QR lama ke QRIS diperkirakan akan mencapai 50 ribu terutama yang sudah terdaftar di Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

"Mudah-mudahan dengan QRIS  pertumbuhan ekonomi semakin baik, walaupun di sana sini masih ada ancaman, terutama perang dagang dan ancaman virus corona, yang mungkin diperkirakan selama enam bulan ini," jelas Nyoman Ariawan.

Dia mengatakan dengan pembayaran menggunakan QRIS ini, pelaku UMKM banyak yang berkembang dalam menopang ekonomi masyarakat. Sampai 28 Februari 2020, secara nasional merchant yang sudah terdaftar dan memasang QRIS mencapai 2,7 juta merchant, sedangkan di Kota Kupang baru 3.041 merchant.

Menurutnya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman (awareness) masyarakat serta mengakselerasi akseptasi masyarakat dari sisi merchant maupun costumer terhadap implementasi QRIS, Bank Indonesia menyelenggarakan Pekan QRIS serentak secara nasional pada 9 hingga 15  Maret 2020.

Pada pekan QRIS Nasional 2020 di Kota Kupang, acara yang dilakukan meliputi kegiatan edukasi di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT, sekolah, tempat ibadah, dan launching penggunaan QRIS di universitas, serta toko oleh-oleh UKM.

Puncaknya, pada 14 Maret 2020 Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT akan melaksanakan fun color run yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bertransaksi (user experience) menggunakan QRIS. Fun Color Run akan start dari depan Kantor Gubernur NTT pukul 05.30 Wita, dan untuk pendaftaran telah mulai dibuka dari tanggal 9-13 Maret 2020 di
Kantor Perwakilan Bank Indonesia  NTT. (OL-13)

BERITA TERKAIT