10 March 2020, 20:39 WIB

Aedes Aegypti Serang Karawang, 65 Warga Terjangkit DBD


Cikwan Suwandi | Nusantara

TERCATAT 63 warga Karawang, Jawa Barat terjangkit demam berdarah dengue (DBD) terhitung hingga akhir Februari.

Dinas Kesehatan Karawang, Jawa Barat menyebutkan hingga akhir Februari 2020 tercatat 65 warga Karawang terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, Yayuk Sri Rahayu mengatakan pada Bulan Januari 2020 angka penderita DBD di Karawang mencapai 18 kasus, Kemudian di Februari 2020 DBD berjumlah 45 kasus.

"Kalau diliat kasusnya memang meningkat," ungkap Yayuk, Selasa (10/3).

Yayuk menyebutkan Dinas Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada semua Puskesmas di Karawang untuk melakukan sosilisasi program satu rumah satu pemantau jentik (jumantik).

Masyarakat juga diminta Yayuk untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSM) secara serentak.

"Di antaranya menguras bak mandi minimal lima hari sekali, menutup penampungan air, mengubur barang yang berpotensi menjari sarang jentik nyamuk," terangnya.

Sementara itu Kepala Humus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Ruhimin menyebutkan terdapat 16 pasien DBD yang dirawat di RSDUD dan 13 pasien dipastikan positif.

"Sementara ada tiga pasien lainnya yang masih dalam observasi apakah terkena DBD atau hanya demam biasa," ungkapnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT