10 March 2020, 20:21 WIB

Makan Ikan Asin, Satu Keluarga Meninggal


Usman Afandi | Nusantara

TIGA orang warga Dusun Krajan II, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, meninggal setelah
menyantap ikan.

Ketiga warga yang satu keluarga tersebut yakni Muhlis Hartono,65, Dewi Ambarwati,50, dan Siti Absyah,80.

''Ketiga orang  itu, tewas setelah makan ikan buntal hasil memancing di laut,'' ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol, Arman Asmara Syarifudin, Selasa, (10/3).

Menurut Arman ikan tersebut merupakan hasil pancingan dari Muhlis Hartono, yang setelah itu dimasak kuah santan, guna untuk memenuhi
kebutuhan lauk mereka, selama dua hari ke depan.

"Muhlis memancing kemarin (Senen,9/3). Setelah dimasak ketiganya makan. Saat makan di hari pertama, perut mereka mulas, di hari kedua tetap memakan ikan itu lagi, Namun di hari kedua ini mereka lemas, merasa pusing dan muntah," katanya.

Karena sakit yang terus menerus, kata Arman, ketiganya kemudian langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat, guna untuk mendapatkan perawatan intensif, namun naas nyawa ketiganya tidak tertolong.

''Kami telah melakukan penyelidikan. Hasilnya menguatkan dugaan meninggal dunia akibat keracunan ikan,'' ungkap Kapolresta.

Selain itu katanya untuk lebih menguatkan dugaan meninggal karena keracunan ikan, pihaknya juga mengamankan sisa ikan buntal yang dimasak. Barang bukti itu dibawa untuk dilakukan uji laboratorium forensik,visum et repertum (VeR).

"Saat ini kami lakukan penyelidikan. Sampel makanan kami akan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kematian ketiganya karena ikan buntal ini," ujarnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT