10 March 2020, 19:56 WIB

Wamendag RI Ajak Anggota ASEAN Optimistis Hadapi Kondisi Global


mediaindonesia.com | Internasional

KONDISI perdagangan global yang sedang tidak stabil membuat negara-negara ASEAN perlu menumbuhkan optimisme dan memastikan seluruh prioritas ASEAN pada tahun 2020 bisa terlaksana. 

“Sangat penting bagi ASEAN untuk fokus dan memastikan seluruh prioritas dapat diimplementasikan. Apalagi di tengah ketidakpastian ekonomi global serta merebaknya wabah virus yang bisa berdampak pada sektor perdagangan ini, kita harus tetap optimistis,” kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga yang mewakili Mendag RI dalam Asean Economic Ministers (AEM) Working Dinner di Da Nang, Vietnam, Selasa (9/3).

Pada prinsipnya, seluruh negara ASEAN mendukung seluruh prioritas ekonomi di bawah kepemimpinan Vietnam pada tahun 2020. Adapun tema prioritas ASEAN tahun ini adalah 'cohesive and responsive' yang terdiri dari 13 prioritas.

Prioritas tersebut terbagi dalam tiga bagian yakni mempromosikan integrasi dan konektivitas ekonomi intra-ASEAN, memperkuat keterlibatan ASEAN dengan komunitas global dalam upaya perdamaian dan pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan daya respon serta kapasitas institusi ASEAN.

“Para menteri ekonomi ASEAN mendukung penuh sejumlah prioritas ASEAN Economic Community Blueprint 2025. Semua anggota, termasuk Indonesia, juga mendukung seluruh prioritas tahunan badan sektoral di bawah koordinasi AEM untuk dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Wamendag Jerry.

Menurut Jerry, Indonesia juga mendorong upaya untuk memperkuat kerja sama perdagangan intra-ASEAN melalui berbagai persetujuan kerja sama dagang.  “Ini sejalan dengan tema Keketuaan Vietnam di ASEAN yakni cohesive and responsive,” ucapnya.

Working Dinner ini merupakan awal dari rangkaian AEM Retreat di Vietnam. Beberapa isu lain yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain terkait rencana Automotive Product-Mutual Recognition Agreement, ASEAN Wide Self-Certification, dan rencana aksesi Timor Leste ke ASEAN.

Selain itu, dibahas pula hubungan ASEAN dengan India melalui rencana review persetujuan ASEAN-India Trade in Goods dan hubungan ASEAN dengan Korea Selatan terkait peningkatan akses pasar guna meningkatkan kinerja perdagangan antarpihak. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT