10 March 2020, 19:22 WIB

Seluruh Pasien Korona Sembuh, Vietnam Klaim Menang "Perang"


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

DI tengah penyebaran cepat virus korona Covid-19 di dunia, Vietnam justru mengumumkan telah berhasil menyembuhkan seluruh pasien positif virus korona di negaranya.

Dalam 15 hari terakhir, Vietnam melaporkan tak ada kasus infeksi virus korona baru di negaranya. Di sisi lain, pasien terakhir dari 16 kasus positif virus korona di negara itu dinyatakan sembuh dan telah meninggalkan rumah sakit.

"Jika pertempuran Covid-19 adalah perang, maka kami telah memenangi putaran pertama tetapi tidak seluruh perang karena situasinya bisa sangat tidak terduga," kata Menteri Kesehatan Vietnam mengutip Wakil Perdana Menteri Vu Duc Dam selama konferensi daring dengan pejabat kota dan provinsi pada Selasa (10/3).

Baca juga : RS Khusus Covid-19 di Tiongkok mulai Sepi Pasien, Apa Resepnya?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai respons cepat pemerintah dalam menangani virus yang kini telah menjangkiti lebih dari 110 ribu orang itu adalah kunci untuk mengentaskannya.

Vietnam sendiri melakukan langkah tegas dengan mengisolasi sebuah desa di utara ibu kota Hanoi selama 20 hari untuk menghentikan penyebaran virus korona.

Perwakilan WHO untuk Vietnam Kidong Park menyebut upaya proaktif dan konsisten pemerintah Vietnam untuk menangani virus korona jadi kunci keberhasilan saat masa tanggap darurat virus korona. (Aljazeera/OL-7)

BERITA TERKAIT