10 March 2020, 19:11 WIB

Cegah Korona, Penyalaan Api Olimpiade Digelar Tanpa Penonton


Deden Muhammad Rojani | Olahraga

UPACARA penyalaan Api Olimpiade di situs olimpiade kuno Olympia, Yunani, akan digelar tanpa penonton, hal tersebut menyusul adanya kekhawatiran atas penyebaran Covid-19.

Upacara untuk Olimpiade Tokyo musim panas ini dijadwalkan pada Kamis (12/3), panitia mengatakan pergelaran hanya akan dihadiri oleh 100 tamu undangan yang terakreditasi oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Penyelenggara Tokyo 2020.

Panitia mengungkapkan, bahkan untuk gladi resik acara tersebut pada hari rabu juga akan ditutup untuk umum.

"Kami mendesak walikota kota-kota di mana Olympic Flame akan melintas atau bermalam untuk mengikuti instruksi dari Departemen Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Masyarakat Nasional, "kata IOC itu dalam sebuah pengumuman.

Baca juga : Kans Tim Panjat Tebing Indonesia di Olimpiade Masih Terbuka

Dalam sebuah pernyataan, panitia Olimpiade Tokyo 2020 mengatakan bahwa mereka akan "mengurangi jumlah delegasi sebanyak mungkin.

"Tokyo 2020 berterima kasih atas upaya semua pihak yang terlibat untuk memastikan bahwa upacara akan berlangsung sambil mempertimbangkan tindakan penanggulangan terbaru oleh Pemerintah Hellenic terhadap COVID-19," bunyi pernyataan itu.

Obor estafet di Yunani akan melewati 37 kota dan 15 situs arkeologi yang meliputi 3.500 kilometer (2.175 mil) dan 842 mil laut (1.559,4 km) dan akan dibawa oleh 600 pelari. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT